Kekurangan Mobil Matic

Mobil dengan transmisi matic sering kali dibandingkan dengan mobil transmisi manual dan dianggap lebih mudah. Namun, mobil matic juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa Anda jadikan referensi jika ingin membeli mobil.

 

Lebih boros bahan bakar

Kekurangan mobil matic yang pertama adalah mobil matic punya konsumsi bahan bakar yang cukup boros akibat perputaran mesin dan transmisinya. Itu sebabnya, jangan heran jika penggunaan bahan bakar mobil matic akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil manual.

 

Tidak bisa melakukan engine brake

Engine brake diperlukan saat kamu sedang mengemudikan mobil di jalanan menurun untuk mengurangi tekanan berlebih yang diterima oleh rem. Masalahnya, kekurangan mobil matic yang berikutnya adalah tidak memiliki gigi persneling sehingga membuat kamu tidak bisa melakukan engine brake.

 

Biaya perawatan yang mahal

Kekurangan mobil matic yang berikutnya adalah biaya perawatan yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Sebab, saat melakukan service rutin, kamu harus mengganti oli sesuai jadwal yang ditentukan dan dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal itu terjadi lantaran perputaran mesin mobil matic yang lebih sering sehingga membuat daya tahan oli tidak bertahan lama. Selain itu, harga suku cadang dari mobil matic juga lebih mahal jika mengalami kerusakan. Lebih lanjut, tidak semua teknisi mampu memperbaiki kerusakan pada mobil matic.

 

Harga beli tinggi, harga jual rendah

Kekurangan mobil matic yang terakhir adalah harga beli mobil matic yang tinggi, tapi harga jual yang rendah. Sebab, mobil matic baru menawarkan kenyamanan yang berlebih. Namun harga jual yang rendah diakibatkan karena suku cadang mobil matic yang lebih mahal serta susah saat diservice.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *