4 Triliun Kementerian Keuangan Pangkas Anggaran Belanja Kemenhub RI Rp 12

Anggaran belanja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di 2021, mengalami penurunan menjadi Rp 33,2 triliun. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, anggaran ini dipotong Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp 12,4 triliun. "Sebelumnya, anggaran Kemenhub untuk 2021 itu sebesar Rp 45,6 triliun tetapi dipotong dan menjadi Rp 33,2 triliun," kata Budi Karya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin (25/1/2021).

Ia juga mengatakan, bahwa pemotongan anggaran ini berdasarkan surat Menteri Keuangan No 30 Tahun 2021. "Dalam pemotongan anggaran ini, alasan utamanya adalah untuk kebutuhan pemerintah dalam pembelian vaksin Covid 19," kata Budi Karya. Selain itu, pemotongan anggaran Kemenhub juga untuk alokasi kegiatan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi Covid 19.

"Maka dari itu kami akan melakukan penghematan anggaran terhadap honorarium, perjalanan dinas, anggaran rapat dan bantuan untuk pemerintah daerah yang bukan arahan presiden," ucap Budi Karya. Selain itu, lanjut Budi Karya, Kemenhub juga akan melakukan penghematan anggaran dalam belanja barang dan modal. "Meski ada pemotongan anggaran, tetapi untuk pembangunan infrastruktur transportasi tetap ada dan tidak dilakukan penghematan," kata Budi Karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *